putraniagareadymix adalah penyedia beton cor jayamix, ready mix, beton cor, sewa pompa beton dan jasa trowel beton

PENGERTIAN READY MIX ATAU JAYAMIX

PENGERTIAN TENTANG READY MIX

pengertian raedy mix
Pengertian Ready Mix

PENGERTIAN READY MIX ATAU JAYAMIX

1. Pengertian dan Definisi Tentang Ready Mix atau Jayamix

Ready Mix atau Jayamix adalah istilah untuk beton yang telah di-blend dengan rangkaian bahan material terdiri dari pasir dengan formulasi khusus.

Pengolahan formulasi khusus dilakukan di Batching Plant hingga menjadi beton cor siap pakai dan jadilah beton bermutu siap “disajikan” pada area proyek yang diinginkan.

Pengolahan ready mix berbeda dengan pembuatan beton cor yang biasa dilakukan oleh para pekerja bangunan biasa, dalam memberikan takaran yang kadang disesuaikan dengan selera.

Pembuatan campuran ready mix dilakukan oleh para ahli khusus di bidang mixing, sehingga dapat menghasilkan mutu beton yang berkualitas tinggi.

Pembuat adonan beton bermutu tinggi disebut mix design, perancang, formulator sekaligus penentu kekekuatan beton yang dibuat.

Dalam pencampuran material-material beton yaitu krikil, pasir dan semen juga biasa diberi zat tambahan khusus yaitu admixture,

Kegunaan beton ready mix dapat ditinjau dari beberapa aspek kegunaan antara lain beton non struktural, beton struktural dan beton pratekan/prategang.

2. Keuntungan Penggunaan Beton Ready Mix atau Jayamix

Beton Readymix banyak digunakan dalam proyek kontruksi karna banyak keuntungannya antara lain:

  • Sebuah pabrik Readymix concrete dapat   melayani area yang luas. 
  • Dapat di kirim langsung ke lapangan.
  • Memiliki kualitas yang tinggi di bandingkan dengan beton konvensional.
  • Mengurangi waktu pengecoran.
  • Menghemat tempat untuk pencampuran beton di lapangan.
  • Mengurangi polusi suara dan debu dari mesin pencampuran beton (molen) di sekitar proyek.

Selain keuntungan-keuntungan teknis yang ada beton Readymix mampu memberikan harga yang lebih murah di bandingkan beton konvesional campurannya yang efisien, disamping itu beton readymix di bantu oleh supplier matrial yang memberikan harga murah, hal ini diberikan karna pembelian matrial dalam volume besar.

Untuk kebutuhan atau pembelian beton readymix kurang dari 10 m3 (1-5) harganya lebih mahal di bandingkan beton konvesional hal ini karna biaya tetap sewa alat yang di bebankan sangat tinggi. Sedangkan untuk kebutuhan atau pembelian lebih dari 10 m3 hargannya dapat lebih murah, maka pemakaian atau pembelian beton kurang dari 10 m3 sebainya di hindari.

Proses memasukan Beton ke truck
3. Proses Pencampuran Beton Ready Mix

a. Proses hidrasi
Setelah aggregat,semen dan air di campur,beton di kondisikan agar tetap dalam keadaan plastis selama empat sampai enam jam agar memungkinkan untuk dapat di angkut, dicor dan diselesaikan dilokasi sebelum beton mulai mengeras. Selama proses pengecoran beton readymix di padatkan dengan vibrator agar tidak terdapat rongga-rongga udara dan sarang krikil.

Vibrator
Vibrator
Semua semen portland adalah semen hidraulik, yaitu semen yang bereaksi dengan air dan mengeras dalam keadaan basah, proses ini di sebut proses hidrasi. Selama proses ini zat pengikat akan keluar dari butiran-butiran semen dan proses aggregate terjadi. Proses akan terjadi terus menerus sehingga terjadi pengerasan dan peningkatan yang signifikan sehinga umur beton mencapai 28 hari.

Proses pengecoran
Proses pengecoran
4. Macam - Macam Mutu Beton Ready Mix atau Jayamix

Dalam jenis satuan pengukuran mutu beton ada beberapa seperti K, FC, dan lain-lain tetapi di indonesia yang sering digunakan pada umumnya adalah K, FC, mutu beton K adalah kuat tekan karesteristik beton kg/m2 dengan benda uji kubus 15 cm. Mutu beton FC adalah kuat tekan beton dalam  mpa yang di saratkan dengan uji selinder 15 cm dengan tinggi 30 cm.

Terdapat Beberapa Mutu Beton Jayamix / Beton Cor yang di gunakan untuk pembangunan dan fungsinya pun berbeda beda berikut kami sampaikan fungsi dan kegunaan dari beberapa mutu beton  di antaranya :

  • Beton Jayamix Klass B-0 Digunakan untuk dasar atau sebagai pengeras struktur tanah yang nantinya akan dilakukan pengecoran finish, Mutu ini teksturnya kasar dan rendah kadar semen sehingga sulit untuk di finish halus
  • Beton Jayamix K 125, K 175 dan K-200 Digunakan untuk pengecoran non struktural jalan kecil seperti jalan lingkungan dan jalan gang sempit yang memerlukan intensitas bobot ringan seperti Motor dan Manusia, Tekstur beton ini tergolong kasar akan tetapi masih bias dihaluskan untuk finishing.
  • Beton Jayamix K 225, K 250, K 275, dan K 300 Jenis Beton cor ini bisa digunakan baik untuk pengerjaan structural seperti dak rumah tingkat lantai 2, lantai 3, lantai 4 dan lantai 5, dak ruko, sekolah, untuk lantai gudang, dll atau non struktural jalan umum seperti jalan perumahan, jalan kabupaten, jalan pedesaan, jalan Per kotaan, dll.
  • Beton Jayamix K 350, K 375 dan K 400 Digunakan untuk pengerjaan non-struktural jalan besar seperti Jalan Negara, Jalan Propinsi, Bandara, Jalan Tol juga bisa digunakan untuk proyek yang membutuhkan treatment khusus seperti kolam renang, water tank, dll
  • Beton Jayamix K-450 – K 500 Digunakan untuk pengerjaan nonstruktural yang memiliki intensitas tonase besar (heavy duty) seperti jalan kawasan industri, bandara udara, lapangan alat berat, dll.

Demikianlah sekilas pengertian tentang readymix dan proses dalam pengerjaan semoga bermanfaat, apabila anda ingin mengetahui informasi tentang ready mix hunbungi kami...!!!

Bapak Irgi Sulaiaman
Telpon : 0812 8771 470

Bapak Iman
Telpon : 0813 8703 9952

Pencarian Terlaris :