putraniagareadymix adalah penyedia beton cor jayamix, ready mix, beton cor instan, beton precast, u ditch, sewa pompa beton dan jasa trowel beton

Harga Sewa Scaffolding Harga Sewa Scaffolding - Kami Putra Niaga Readymix akan menjelaskan informasi mengenai harga sewa scaffolding unt...

Harga Sewa Scaffolding Per Bulan Terbaru September 2023

Harga Sewa Scaffolding
Harga Sewa Scaffolding

Harga Sewa Scaffolding - Kami Putra Niaga Readymix akan menjelaskan informasi mengenai harga sewa scaffolding untuk daerah Jabodetabek dan sekitarnya.

Penawaran sewa scaffolding yang kami berikan untuk anda sangatlah murah, Scaffolding sendiri terbuat dari pipa – pipa besi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mempunyai kekuatan untuk menopang beban yang ada di atasnya yang memang sudah teruji kualitasnya.

Scaffolding adalah struktur sementara yang digunakan untuk menyangga manusia dan material dalam kegiatan kontruksi atau perbaikan rumah, gedung, jembatan, ataupun bangunan-bangunan besar lainnya. Biasanya perancah dibuat jika bangunan sudah mencapai ketinggian dua meter atau lebih, dan tidak bisa dijangkau oleh pekerja.

Perancah (scaffolding) atau steger merupakan konstruksi pembantu pada pekerjaan bangunan gedung. Perancah dibuat apabila pekerjaan bangunan gedung sudah mencapai ketinggian 2 meter dan tidak dapat dijangkau oleh pekerja. Perancah adalah work platform sementara.

Scaffolding sendiri terbuat dari pipa – pipa besi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mempunyai kekuatan untuk menopang beban yang ada di atasnya. Dalam pengerjaan suatu proyek, butuh atau tidaknya penggunaan scaffolding bisa tergantung kepada pemilik proyek. Karena adanya perbedaan antara biaya menggunakan bambu dan scaffolding. Scaffolding digunakan sebagai pengganti bambu dalam membangun suatu proyek.

Harga Sewa & Rental Scaffoding Per Bulan Terbaru 2023 Untuk Daerah Jabodetabek dan Sekitarnya

Scaffolding

Scaffolding atau yang disebut dengan perancah dapat didefinisikan sebagai suatu struktur sementara yang digunakan untuk menyangga manusia dan material dalam konstruksi atau perbaikan gedung dan struktur besar lainnya.

Scaffolding berfungsi untuk menahan manusia dan material di ketinggian tertentu. Dengan demikian, perancah secara tidak langsung berperan aktif dalam menjaga keselamatan kerja para pekerja. Penggunaan scaffolding akan membuat para tenaga kerja merasa aman yang kemudian berujung pada peningkatan produktivitas dan kelancaran sebuah proyek konstruksi bangunan.

Perlu tidaknya penggunaan scaffolding dalam mengerjakan suatu proyek, tergantung dari pemilik proyek. Scaffolding biasanya berbentuk sistem modular dari pipa atau tabung logam, meskipun bahan lain juga dapat digunakan.

Perancah alias scaffolding harus dibuat dengan bahan yang cukup kuat dan stabil sehingga dapat dengan mudah menopang dan membawa pekerja dan bahan bangunan yang ditempatkan di atasnya. Pasalnya, selama konstruksi, saat pekerjaan berlangsung ke atas, ketinggian scaffolding juga meningkat. Scaffolding memiliki komponen berikut :

  • Standar atau bagian vertikal dari kerangka, didukung di tanah atau drum, atau tertanam di tanah.
  • Ledgers: Pendukung horizontal yang berjalan sejajar dengan dinding.
  • Braces yang dipasang secara diagonal pada standar.
  • Putlogs, yang ditempatkan satu ujung pada lodgers dan ujung lainnya tegak lurus di dinding.
  • Transom adalah jenis putlog yang didukung pada ledgers di kedua sisi.
  • Bridle yang digunakan untuk menjembatani bukaan dinding; mendukung salah satu ujung putlog pada pembukaan.
  • Boarding adalah platform horizontal yang didukung pada putlog dan digunakan untuk mendukung pekerja dan material pada saat bekerja.
  • Rek pengaman.
  • Toeboard atau papan, ditempatkan sejajar dengan ledgers dan didukung putlog, untuk memberikan perlindungan pada tingkat platform kerja.

Berikut ini adalah daftar harga sewa scaffolding di seluruh Jabodetabek dan sekitarnya. Informasi pemesanan bisa hubungi Kami.

Daftar Harga Sewa Scaffolding Per Bulan Murah Terbaru September 2023

No NAMA HARGA SEWA HARGA BEKAS
1 Scaffolding IDR 13.800/pcs/bln IDR 315.000/pcs
2 Frame 90 IDR 12.650/pcs/bln IDR 230.000/pcs
3 Cross Brace IDR 9.200/pcs/bln IDR 70.000/pcs
4 Join Pin IDR 4.600/pcs/bln IDR 230.000/pcs
5 Jack Base-40 IDR 7.500/pcs/bln IDR 58.000/pcs
6 U-Head-40 IDR 8.200/pcs/bln IDR 70.000/pcs
7 Jack Base-60 IDR 9.700/pcs/bln IDR 85.000/pcs
8 U-Head-60 IDR 10.400/pcs/bln IDR 92.000/pcs
9 Cat Walk IDR 48.000/pcs/bln IDR 300.000/pcs
10 Horizontal IDR 48.000/pcs/bln IDR 275.000/pcs
11 Pipe Support-Ts-90 IDR 58.000/pcs/bln IDR 400.000/pcs
12 Jack Roda Karet IDR 40.000/pcs/bln IDR 230.000/pcs
13 Jack Roda Nilon IDR 40.000/pcs/bln IDR 350.000/pcs
14 Tangga IDR 105.000/pcs/bln IDR 850.000/pcs

Keterangan :
  1. 1. Harga di atas belm termasuk pajak
  2. 2. Pembayaran sebelum pengiriman scaffolding
  3. 3. Harga franco project sejabodetabek
  4. 4. Minimal penyewaan 1 Bulan
  5. 5. Harga sewaktu – waktu dapat berubah
  6. 6. Barang hilang tanggung jawab penyewa

Tipe atau Jenis Scaffolding di Pasaran Indonesia

1. Supported Scaffold
Ini adalah perancah yang paling umum. Terdiri dari struktur penyangga rangka pipa besi yang terdiri dari kerangka utama, kerangka horizontal, papan catwalk, sambungan, penahan silang, kaki perancah, dan roda kaki.

2. Suspended Scaffold
Perancah yang digantung sehingga tidak memerlukan kerangka penyangga di bawahnya. Biasanya perancah ini digantung dengan menggunakan kabel sling baja yang dapat digulung atau diulur dengan menggunakan winch (mesin katrol listrik) untuk menyesuaikan ketinggian yang diperlukan.

3. Arial Lift
Perancah tipe ini memiliki working platform seperti tipe suspended scaffold tetapi dengan ukuran lebih kecil sehingga dijuluki dengan human basket atau keranjang manusia. Human basket ini diangkat dengan menggunakan rangka penyangga hidrolis. Ketinggian perancah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Apa saja keuntungan penggunaan Scaffolding?

Lalu apa saja keuntungan penggunaan scaffolding pada proyek konstruksi? Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan scaffolding dalam proyek konstruksi :

1. Keamanan
Scaffolding dirancang untuk memastikan keselamatan pekerja yang menggunakan struktur tersebut. Dengan menggunakan scaffolding, pekerja dapat bekerja dengan aman dan stabil pada ketinggian yang sulit dijangkau. Scaffolding juga dilengkapi dengan peralatan keselamatan seperti harness, tali pengaman, dan lantai penahan jatuh untuk meminimalkan risiko kecelakaan.

2. Kemudahan akses
Scaffolding memberikan akses mudah ke area kerja yang sulit dijangkau. Dengan scaffolding, pekerja dapat mencapai area kerja yang tinggi dan sulit dijangkau seperti atap bangunan, dinding tinggi, dan struktur yang terletak jauh dari tanah.

3. Efisiensi kerja
Scaffolding memungkinkan pekerja untuk bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Dengan menggunakan scaffolding, pekerja dapat mencapai area kerja dengan mudah dan lebih cepat, yang dapat menghemat waktu dan biaya proyek.

4. Fleksibilitas
Scaffolding dapat dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan proyek yang berbeda. Scaffolding modular dapat disesuaikan dengan struktur bangunan yang berbeda dan dapat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi.

5. Kualitas kerja yang lebih baik
Dengan menggunakan scaffolding, pekerja dapat bekerja dengan lebih stabil dan lebih mudah, yang dapat meningkatkan kualitas kerja dan mengurangi risiko kesalahan.

6. Perlindungan lingkungan
Scaffolding dapat membantu melindungi lingkungan sekitar dari kerusakan atau pencemaran yang disebabkan oleh pekerjaan konstruksi.

Dalam keseluruhan, scaffolding memberikan banyak keuntungan bagi proyek konstruksi. Dengan menggunakan scaffolding, pekerja dapat bekerja dengan lebih aman, efisien, dan efektif, yang dapat membantu meningkatkan kualitas kerja dan mengurangi risiko kecelakaan.

Keunggulan dan Kekurangan Scaffolding

Ada alasan mengapa scaffolding telah digunakan selama ribuan tahun dan berhasil. Sampai hari ini, Scaffolding tetap menjadi salah satu cara yang paling berguna dan efisien bagi pekerja untuk bekerja di ketinggian. Keunggulan dan kekurangan menggunakan scaffolding adalah :

Keunggulannya :
  • Untuk akses. Scaffolding dapat memungkinkan akses tanpa hambatan dan stabil ke hampir semua area struktur.
  • Keseimbangan. Scaffolding memberikan pekerja pijakan yang kuat, dan memberi mereka kemampuan untuk menyeimbangkan diri dalam posisi yang berbeda saat bekerja.
  • Kemudahan konstruksi. Relatif mudah untuk dirakit dan dibongkar, dan dapat dipasang dan diturunkan dengan cukup cepat.
  • Dapat bertahan untuk waktu yang sangat lama, baik yang terbuat dari kayu maupun dari baja.
  • Keamanan dan keselamatan adalah salah satu keuntungan paling signifikan dari perancah, karena memberi pekerja platform yang stabil untuk pekerjaan mereka.
  • Berfungsi sebagai jembatan. Sejumlah kegiatan konstruksi mengharuskan pekerja menempuh rute yang panjang dan berliku untuk mencapai lokasi tertentu di lokasi pekerjaan, yang merupakan pemborosan waktu yang sangat besar. Titik penghubung dalam perancah dapat membantu memecahkan masalah ini dengan mengurangi jarak yang harus ditempuh pekerja.

Kekurangannya :
  • Beban harus disesuaikan supaya tidak jatuh karena kelebihan beban.
  • Perlu kehati-hatian karena harus mengikuti instruksi dalam menggunakannya dengan benar. Para pekerja harus dilatih di sekitar perancah dengan benar sebelum menggunakannya.
  • Sensitif cuaca. Bekerja di ketinggian pada bangunan yang sebagian konstruksinya bisa sangat berbahaya ketika cuaca berubah. Hujan atau salju dapat membuat papan menjadi licin, dan fluktuasi suhu dapat membahayakan titik pemasangan dan menyebabkan papan menjadi longgar, retak, dan runtuh.

Fungsi dari Scaffolding

Berikut beberapa fungsi scaffolding itu sendiri antara lain adalah :
  1. (-) Sebagai working platform sementara untuk para pekerja bangunan untuk bekerja di area yang tinggi.
  2. (-) Sebagai pengaman keselamatan para pekerja di area ketinggian sehingga mereka dapat bekerja dengan nyaman dan efektif.
  3. (-) Sebagai perlindungan bagi pekerja yang berada di area bawah jika ada puing-puing kecil atau peralatan yang terjatuh dari ketinggian.
  4. (-) Sebagai jalur penghubung antara area-area kerja.
  5. (-) Untuk gedung-gedung tinggi, biasanya diperlengkapi dengan safety net untuk melindungi area di luar area kerja dari puing-puing kecll atau peralatan yang jatuh dari ketinggian.
  6. (-) Dapat digunakan untuk menopang cetakan beton hingga kering.
  7. (-) Perancah perlu untuk digunakan khususnya untuk pengerjaan renovasi yang berada di atas ketingian satu meter dari permukaan tanah dan pekerjaannya memerlukan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan.

Demikian kami sampaikan informasi harga sewa scaffolding kepada anda, bagi anda yang tertarik dan ingin menyewa scaffolding serta konsultasi mengenai scaffolding silahkan kontak marketing kami di bawah ini.

Bapak Fajar

0857 7008 0315

ORDER VIA WHATSAPP

Terima kasih telah membaca artikel kami terkait harga sewa scaffolding semoga bermanfaat dan menjadi solusi terbaik untuk pembangunan anda.